Pengaduan melalui Tanya Joni yang telah disampaikan : AvandaMobil

Prosedur pengaduan JNE ketika paket bermasalah

Di bidang ekspedisi pengiriman, JNE merupakan salah satu perusahaan ekspor terkemuka di Indonesia. Namun, tak jarang keluhan JNE terus berdatangan. Hal ini sangat wajar mengingat perusahaan ekspedisi ini sering dipercaya untuk mengirimkan barang melalui berbagai situs.

Hampir semua e-commerce menjadikan JNE sebagai rekomendasi jasa ekspedisi yang bisa Anda gunakan. Hal ini dikarenakan penyedia jasa pengiriman ini bisa dipercaya dan selalu mengutamakan keamanan paket hingga sampai ke konsumen.

JNE telah beroperasi sejak tahun 1990, yang merupakan salah satu cabang dari PT Citra van Titipan Kilat (TIKI), selama itu perusahaan terus berkembang. Tidak hanya layanan jasa kurir dalam negeri, tetapi juga layanan jasa kurir dalam skala internasional.

Inovasi demi inovasi terus dikembangkan hingga skala pasokan menjangkau seluruh dunia dan seluruh Indonesia. Karena pertumbuhan JNE yang begitu pesat, perusahaan akhirnya memisahkan diri dari TIKI dan secara mandiri melakukan seluruh kegiatan usahanya.

Pelayanan perusahaan pengiriman parsel ini sangat baik, sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Berbagai jaminan diberikan sebagai jaminan keamanan barang. Sebagian besar konsumen puas, tetapi ada juga persentase kecil yang tidak puas.

Alasannya sangat umum sehingga menjadi masalah saat mengirimkan paket. Entah waktu pengirimannya terlalu lama, atau paketnya bukan jejak yang jelas keberadaannya. Namun, dalam hal ini, perusahaan tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab. Karena ada layanan pengaduan JNE yang  bisa Anda gunakan ketika paket bermasalah.

Keluhan tentang media telepon

Mengajukan keluhan melalui jaringan telepon adalah cara yang paling umum dan disukai oleh cus tomer. Karena pelanggan bisa langsung mendapatkan respon saat melakukan komplain. Bahkan mereka bisa segera mendapatkan solusi untuk masalah paket.

Sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respon dan solusi dari perusahaan. Sayangnya, keluhan JNE melalui telepon tidak gratis.   Anda harus menanggung biaya telepon ketika Anda melakukannya dengan cara ini. Di bawah ini adalah penyampaian pengaduan kepada JNE melalui telepon.

  1. Hubungi Call Center JNE

Langkah  pertama yang  perlu Anda lakukan adalah menghubungi call center JNE di (021) 2927 8888. Tunggu beberapa saat hingga operator menjawab telepon secara otomatis.

  1. Ketuk nomor ekstensi yang dimaksudkan dengan benar

Saat menjawab telepon, operator akan menggantideretan nomor ect ensi yang spesifik dengankebutuhan pelanggan. Dengarkan baik-baik nomor ekstensi yang akan menangani masalah paket.

Karena jika Anda menekan nomor ekstensi yang salah, keluhan Anda tidak akan dipertimbangkan.   Anda akan diminta untuk mengulangi panggilan dan menghubungi petugas yang sesuai.

  1. Kirim keluhan Anda

Setelah menghubungkan ke nomor ekstensi yang benar, asisten akan muncul yang akan  melayani  Anda dan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan paket. Sampaikan semua keluhan Anda kepada JNE  dengan bahasa yang baik dan dengan cara yang dapat dipahami dengan baik oleh petugas.

Keluhan melalui email resmi JNE

Jika Anda tidak suka mengungkapkan masalah paket secara langsung melalui saluran telepon, solusinya adalah meneruskan melalui email resmi JNE. Keuntungan dari metode ini adalah Anda dapat dengan bebas menuliskan semua keluhan dan keluhan secara rinci.

Selain itu, biaya pengaduan JNE  melalui email jauh lebih murah daripada meneruskan melalui telepon. Karena Anda hanya membutuhkan koneksi internet. Namun, ekspedisi akan memberikan respons yang lebih lambat. Namun, mereka akan membantu dalam memecahkan masalah dengan paket.

Anda cukup mengirim email ke  alamat customercar@jne.co.id. Menurut saran kami, jika masalah dengan paket Anda sangat mendesak, lebih baik tidak mengajukan keluhan dengan cara ini.

Pengaduan melalui media sosial

Salah satu cara untuk   mengadukan masalah  paket adalah melalui media sosial JNE. Perusahaan pengiriman parsel ini merupakan salah satu yang paling sesuai dengan perkembangan zaman, terbukti dengan kehadirannya di berbagai platform media sosial.

Media sosial ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan berbagai keluhan JNE dari pelanggan. Tidak menutup kemungkinan perusahaan ekspedisi ini akan bereaksi cepat dengan mengomentari postingan atau direct message.

Hal ini menunjukkan keterbukaan layanan JNE kepada pengguna jasa dan sebagai cara untuk menjaga kepercayaan pelanggan.  Anda bisa menghubungi penyedia jasa pengiriman paket JNE ini (facebook), JNE_ID (twitter) dan jne_id (instagram).

Pengaduan melalui Tanya Joni yang telah disampaikan

Selain panggilan telepon ke call center, JNE juga menyediakan fungsi chat dengan respon yang sangat cepat di websitenya. Fitur chat ini bernama Ask Joni, fitur ini merupakan layanan  live chat dengan customer support yang telah disediakan untuk menangani segala keluhan pelanggan.

Ketika Anda membuka fungsi Ask Joni, sistem akan meminta Anda untuk memberikan beberapa data pribadi yang terkait erat dengan paket  Anda  . Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai.

Server kemudian akan menghubungkan permintaan  Anda dan mencari dukungan pelanggan yang dapat menangani keluhan JNE. Setelah dukungan pelanggan diberitahukanoleh bung melalui obrolan langsung, Anda dapat mengajukan semua keluhan tentang masalah paket.

Dukungan pelanggan akan memberikan solusi untuk masalah ini secara langsung selama waktu ini.  Anda hanya perlu koneksi internet untuk bisa melakukankomplain dengan cara ini. Respon juga diberikan jauh lebih cepat daripada melalui email.

Jenis keluhan yang paling sering disampaikan

Keluhan setiap pelanggan pasti berbeda, mengingat JNE adalah perusahaan pelayaran yang sangat besar di negara ini. Oleh karena itu, berbagai jenis pengaduan datang dari berbagai pihak melalui media yang berbeda.

Dari banyak keluhan dapat disimpulkan bahwa esensi dari semuanya dapat diuraikan dan dibagi menjadi beberapa kelompok sebagai berikut.

  1. Penundaan paket

Penundaan paket adalah masalah yang sangat umum. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan paket ini antara lain kemacetan, kerusakan mobil ekspedisi saat mengirim paket, kerusakan jalan, atau banyak hal tak terduga lainnya.

  1. Kirim salah

Paket yang salah kirim tentu sudah biasa, satu hal jika alamatnya ambigu dan mirip dengan alamat seseorang. Meskipun paket dapat ditangguhkan kembali, namun akan sangat fatal jika ternyata paket tersebut tidak dapat dipulihkan dari penerima aslinya.

  1. Paket hilang

Paket yang hilang sering muncul karena disembunyikan atau ditinggalkan di pos JNE lainnya. Apalagi ketika jumlah barang yang dikirim banyak, tidak jarang sebagian orang terhindar dari pendataan dan ketertinggalan. Hal ini tentu menyebabkan meningkatnya pengaduan JNE  .

  1. Paket rusak

Kerusakan barang yang dikirim melalui jasa ekspedisi memang sangat sensitif. Karenadalam proses pengangkutan dan pengiriman barang akan menumpuk, membuang dan kegiatan lain yang dapat merusak barang.

Oleh karena itu, JNE memberikan jaminan terhadap kerusakan barang.  Anda juga dapat meningkatkan keamanan pengiriman dengan menggunakan layanan tertentu. Misalnya, dalam kasus barang elektronik yang rawan rusak.

  1. Layanan tidak memuaskan

Layanan yang tidak memuaskan adalah salah satu alasan mengapa banyak pelanggan mengeluh kepada perusahaan pelayaran. Karena setiap orang tentu tidak akan merasa senang ketika dilayani secara dangkal dan terkesan diabaikan.

Keluhan JNE adalah hak setiap pelanggan. karena tidak hanya demi pelanggan, tetapi juga demi kebaikan JNE, untuk terus meningkatkan kualitasnya dalam hal ekspedisi.

Read More